TINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, FISIPOL UMPR GELAR PEKAN ILMIAH MAHASISWA

Palangka Raya – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), melaksanakan pelatihan penulisan dengan rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM), sebagai salah satu bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FISIPOL UMPR, Dr. Irwani, S.Sos., M.A.P., Wakil Dekan I, Dr. H. Junaidi, S.H., M.I.Kom., Wakil Dekan II, Noor Asiah, S.Hut., M.A.P. Turut berhadir juga Kaprodi MAP, Dr. Aquarini, M.I.Kom., Kaprodi ADNA, Milka, S.Sos., M.A.P., Kaprodi IKOM, Annisa Rizki Ananda, M.I.Kom., serta dosen dan personel FISIPOL UMPR, pada hari Rabu, 25 September 2024, di Aula Utama Kampus I UMPR.

PIM pada seri pertama ini mengusung nama kegiatan Smart Writing dengan tema “Successful Mastery of Analytical Research and Technical Writing”, yang menghadirkan Dosen terbang FISIPOL UMPR, Dr. Novianita Rulandari, M.Si. Kegiatan yang melibatkan seluruh dosen dilingkungan FISIPOL UMPR dan seluruh mahasiswa S2 MAP ini dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB diisi dengan dua sesi, yakni pemaparan materi dan praktik.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Dekan FISIPOL UMPR, Dr. Irwani, S.Sos., M.A.P., ia menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan jumlah publikasi terutama bagi dosen. “Publikasi menjadi sangat penting bagi dosen yang mana menjadi syarat kenaikan jabatan fungsional, baik itu ke Lektor 300, Lektor kepala bahkan ke Guru Besar. Ada standar-standar publikasi jurnal yang harus dicapai”. Ucapnya ketika pembukaan.

Ditengah sambutannya juga Dr. Irwani juga menyampaikan bahwa menulis harus menjadi hobi sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Peguruan terutama khususnya dosen, bukan hanya proses pengajaran, namun didalamnya ada penelitian serta pengabdian. Jadi kegiatan ini sangat penting adanya dalam mendukung pelaksanaan dan kewajiban sebagai dosen.

Dalam rangkaian acara selanjutanya, Dr. Novia menyampaikan materi berupa kiat-kiat penulisan dan publikasi, terutama jurnal yang menyertakan penggunaan aplikasi penunjang seperti Publish or Perish, Mendeley dan Turnitin.

“Penulisan karya ilmiah bukan hanya tentang penyampaian gagasan, melainkan juga tentang membangun argumen yang kokoh berdasarkan data  yang valid,” tutur Dr. Novia dalam sesi pemaparan materi tersebut. “Penting bagi kita untuk memahami struktur dan teknik yang tepat, kita dapat membuat penelitian kita lebih bermakna dan kredibel di masa mendatang”.

Pada sesi praktik, para peserta diminta untuk membuat jurnal dari penelitian yang sudah ada dengan memanfaatkan seluruh aplikasi penunjang yang telah dipelajari pada sesi sebelumnya. Selain bermanfaat bagi dosen, kegiatan ini menjadi momen penting bagi mahasiswa S2 MAP karena menjadi seorang pascasarjana tentu diperlukannya publikasi-publikasi dalam proses perkuliahannya. Kegiatan yang hanya berlangsung selama satu hari ini diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dengan pemateri. (rum)

About the author

M